Wordpress
Dec20

Cara setting plugin yoast atau wordpress SEO di situs anda

Ktzagcplugin free agcplugin
Iklan

Cara setting plugin yoast atau wordpress SEO di situs anda

Sebagian besar pemilik situs tentu ingin websitenya memiliki peringkat yang bagus di search engine untuk itu dibutuhkan sebuah situs yang bener bener friendly dengan search engine, nah teknik ini biasa dinamakan teknik SEO atau search engine optimizer atau untuk mengoptimalkan peringkat website di search engine. Untuk wordpress tentu tidak jadi kendala karena banyaknya plugin SEO yang bisa anda download dan pakai di website anda, bahkan theme developer pun berlomba lomba untuk membuat design yang SEO dari sisi on page nya.

Nah kebetulan sekali saya pengguna dari salah satu plugin yang dinamakan wordpress SEO atau yang lebih dikenal dengan nama YOAST, alasan nya karena settingan untuk SEO di plugin ini sangat banyak dan tentu saja fleksibel, cuma bagi sebagian orang tentu saja jadi kendala dengan settingan yang berlimpah, karena sulitnya settingan di plugin YOAST. Untuk itu saya sebagai newbie ingin berbagi sedikit mengenai settingan yoast yang ane dapat dari berbagai sumber termasuk pengalaman saya menggunakan plugin ini.

Tujuan tutorial:
Tutorial ini akan membantu Anda dalam mengoptimalkan situs WordPress Anda dengan aspek yang paling populer dari SEO on page. Tujuan lainnya adalah untuk mengkonfigurasi Plugin WordPress SEO dan untuk memahami arti dari setiap langkah.

Langkah awal:

Sebagai langkah awal tentu anda harus menginstall plugin wordpress SEO terlebih dahulu di situs anda. Caranya:
Kunjungi Plugins -> Add New -> Cari kata kunci WordPress SEO By Yoast > Install it > kemudian activate it.
Maka anda akan melihat panel pluginnya seperti gambar berikut:

wordpress SEO Panel

Dashboard WordPress SEO Yoast

Ketika anda klik panelnya, anda akan berada di dalam dashboard plugin WordPress SEO. Di sini Anda dapat mengambil tour untuk mengetahui fitur fiturnya atau mengembalikan pengaturan default plugin ini. Terlebih lagi Anda akan menemukan Tracking dan kotak check untuk security.

Tracking
Hal ini memungkinkan penulis plugin yaitu yoast sendiri untuk melacak masalah dengan plugin jika ada. Untuk masalah privacy, jangan kuatir karena yoast benar benar menjaga privacy anda, jika anda mengaktifkan fitur ini. Kalau saya sendiri tidak saya aktifkan.

Security
Pilihan ini untuk memeriksa dan melarang editor dan penulis dari mengarahkan posting ke URL lain atau membuat postingan tersebut noindex, yang merupakan salah satu kemampuan plugin. Jika anda memiliki editor atau penulis selain anda, ada baiknya opsi ini anda aktifkan, karena untuk web saya kerjakan sendiri, baik postingan dan lainnya, maka saya nonaktifkan fitur ini, dengan mencentang opsi disable.

Webmaster Tools
Alat-alat ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah memverifikasi kepemilikan situs Anda dengan menggunakan kode meta yang diberikan oleh Google Webmaster tools dan Bing . Opsi ini juga dapat membantu Anda dalam memverifikasi situs anda untuk di Alexa (jika Anda memiliki langganan premium).

Untuk dasboardnya sendiri, berikut adalah contoh pengaturan yang saya gunakan:

KLIK Gambar untuk melihat ukuran sebenarnya:

wordpress SEO dashboard

wordpress SEO dashboard

Jika anda ingin menyimpan pengaturan, jangan lupa untuk klik Sace Changes. Selajutnya adalah pengaturan title dan meta.

Title dan meta wordpress SEO Yoast

Step selanjutnya adalah pengaturan title dan Meta, panel ini akan membantu anda dalam mengkonfigurasi title, meta, dan membersihkan kode di antara <head>blablabla</head>. Sekarang kita bahas pengaturan pengaturan apa saja yang bisa anda lakukan disini:

Force Rewrite Titles
Pengaturan ini artinya plugin WordPress SEO perlu mengubah title tag themes anda yang terinstal, sehingga anda dapat memodifikasi sesuai dengan pengaturan anda. Pilihan ini biasanya harus dicentang. Untuk saya sendiri ini tidak saya centang karena saya ingin menggunakan title default dari themes yang saya gunakan. :D

SiteWide Meta settings
: Untuk beberapa pendapat ini lebih baik di centang karena membantu situs anda untuk mempertahankan kepentingannya, Home adalah salah satu bagian yang paling penting dari blog Anda. Untuk beberapa settingan seperti page 2 atau page 3 jika anda kuatir akan duplikat untuk meta deskripsi nya anda bisa mencentang opsi ini, sebagaimana kita tahu bahwa untuk page 2, page 3 dan seterusnya di archives kebanyakan plugin SEO, untuk yoast sendiri tidak perlu kuatir meta description di tiap page berbeda jadi tidak perlu kuatir untuk duplikat, saya sendiri menonaktifkan fitur ini.

Use meta keyword tag?: Saya lebih suka mencentang opsi ini, sebagian besar Search Engine seperti Yahoo dan Bing dikenal memberikan beberapa pentingnya meta keyword. Ini adalah kata kunci sekitar yang artikel Anda tulis, untuk saya sendiri mengaktifkan fitur ini. Untuk settingan keyword bisa anda isi di metaboxes postingan masing masing jika opsi ini diaktifkan.

Tambahkan robot meta tag noodp seluruh situs dan meta tag noydir seluruh situs jika situs anda sudah berhasil listing di DMOZ atau direktori Yahoo, karena google kadang-kadang lebih menyukai deskripsi dari situs anda dari direktori tersebut, memungkinkan tag ini dapat membantu Anda menghapus jenis kesalahan ini. Saya sendiri mengaktifkan fitur ini.

Clean Up <head>
Ada teori bahwa Google lebih memilih <Head> bersih. Sebagian besar analisis SEO menyarankan anda untuk menjaga bagian head situs Anda bersih, link yang paling atas yang bot Google baca merupakan bagian lebih penting. Jika Anda berencana ingin membersihkan head situs Anda, saya akan merekomendasikan anda mencentang tiga pilihan pertama dan biarkan RSS link tetap berada di head. Alasannya karena RSS link yang dibaca oleh plugin tertentu dan bisa mendapatkan lebih banyak visitor. RSS link adalah aset berharga untuk blog Anda!

Berikut adalah contoh pengaturan titles & metas yang saya gunakan:

KLIK gambar untuk meihat ukuran aslinya:

wordpress SEO title meta

wordpress SEO title meta

Pengaturan Homepage
Klik tab home dalam plugin dan Anda akan menuju ke halaman di mana semua pengaturan Homepage Anda dapat ditemukan.

Title: 70 Karakter, misalnya Home | Portal berita SEO, wordpress, koding dan imers atau bisa juga Bostheme.com – Portal berita SEO, wordpress, koding dan imers terserah anda dalam menentukan title, set and forget. Tetapkan dan tinggal pengaturan biarkan fokus dan jangan sering ubah ubah pengaturan ini.

Description: 160 karakter di mana anda harus menetapkan fokus kata kunci anda sekali. Sebagai contoh: Jika situs anda membahas tentang wordpress, maka anda bisa memasukkan beberapa kata kunci Belajar dan membahas tentang wordpress.

Meta keyword: Jangan lebay dalam memasukkan kata kunci, tempatkan hanya 5 sampai 6 kata kunci saja, dan anda harus memasukkan kata kunci panjang di sini atau bahasa kerennya longtail keyword, misalnya Tutorial wordpress, gratis download theme wordpress,membuat blog dengan wordpress, dll.

NB: Kebanyakan orang tidak tahu, jika anda menggunakan static page sebagai homepage maka anda harus mengaturnya di metaboxes static page tersebut misal anda jadikan page home sebagai homapage maka anda harus mengatur title, description, dan keyword di metaboxes page tersebut.

Post Types wordpress SEO Yoast

Setelah pengaturan homepage sekarang pengaturan post type. Klik tab Post Types di mana Anda akan mengkonfigurasi secara umum unsur unsur SEO On Page untuk Posting, Pages dan Media file.

Karena Force Rewrite Titles tidak saya aktifkan pada postingan sebelumnya maka anda bisa meninggalkan settingin ini. Tapi jika anda mengaktfkan pengaturan Force Rewrite Titles, anda dapat mensetting pengaturan ini sesuai yang anda inginkan.

Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar berikut:

wordpress SEO post meta

wordpress SEO post meta

Ingat juga, untuk menambahkan metaboxes SEO di setiap postingan anda. Untuk manfaat maksimal SEO, saya sangat menyarankan anda untuk secara manual memasukkan title, description dan keyword untuk setiap posting, baik postingan post biasa, page, media, tag, category, dll. Maka WordPress SEO akan menggunakan title dan secara otomatis akan menambahkan description untuk setiap posting anda dan halaman anda.

Untuk halaman lain, berikut pengaturannya:

– Categories, Tags dan taxonomies: %%term_title%%  Archives %%page%% &#8226; %%sitename%%
– Search pages: You searched for %%searchphrase%% &#8226; %%sitename%%
– 404 pages: Page not found – Error 404 &#8226; %%sitename%%
– Author archives: %%name%% &#8226; %%cf_role%% at %%sitename%%

Social wordpress SEO Yoast

Seperti alasan saya diatas kenapa saya menggunakan Yoast, bahwa WordPress SEO by Yoast adalah plugin powerfull dan dikemas dengan banyak fitur untuk menyediakan paket SEO lengkap. Salah satu fitur keren lainnya dari plugin ini adalah terintegrasi dengan situs Facebook, Twitter , dan platform sosial Google+. Klik Sosial di bawah menu SEO akan membawa anda untuk mengatur platform ini. Saya akan mencoba membahas bagaimana untuk mengkonfigurasi masing-masing platform:

Facebook
Pada tab Facebook , hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mencentang kotak . Perlu diingat jika anda menggunakan plugin lainnya untuk Open graph, anda bisa menonaktifkan fitur ini. Untuk sebagian themes kentooz anda tidak perlu mengaktifkan pilihan ini karena sudah terdapat dalam themes tersebut. Dengan mencentang ini memungkinkan WordPress SEO untuk menambahkan Facebook Open Graph meta data di bagian <head> website Anda . Ini akan membantu Facebook mengambil thumbnail dan halaman informasi yang tepat ketika sebuah posting dari website anda dibagi/share di Facebook .

Pilihan berikutnya adalah untuk mengasosiasikan website anda dengan profil Facebook anda. Anda bisa melihat pengaturan seperti gambar dibawah:

KLIK Gambar untuk melihat ukuran sebenarnya.

wordpress SEO facebook meta

wordpress SEO facebook meta

Untuk inipun saya kosongkan karena saya menggunakan default dari themes yang saya gunakan… :D

Twitter

Untuk menambahkan twitter card Meta Data di <head> website anda, Untuk bagian ini saya centang untuk mengaktifkan fitur ini dan mengisi twitter profile dengan twitter saya. Berikut adalah contoh settingan:

Klik gambar untuk melihat ukuran sebenarnya

wordpress SEO twitter meta

wordpress SEO twitter meta

Google+
Pada tab Google+, pilih pengguna yang akan muncul sebagai penulis homepage dari menu drop down. Ingat bahwa Plugin WordPress SEO juga menambahkan kotak isian URL Google+ di User » Your Profile. Jangan lupa lihat juga tutorial mengenai cara memasang authorship google di website anda. Pilihan kedua untuk halaman ini adalah untuk memasukkan halaman Penerbit Google+ Anda. Berikut adalah contoh settingannya:

Klik gambar untuk melihat ukuran sebenarnya

wordpress SEO googleplus meta

wordpress SEO googleplus meta

Untuk settingan Yoast lainnya nanti dilanjut dipostingan ini… Silahkan kalau ada masalah bisa tinggalkan komentar. :D

Update article:

24/03/2014

1. Seperti artikel diatas saya abaikan option ini, tapi ane ubah ane centang opsi ini masuk ke titles & metas -> general lihat sitewide meta settings Lalu centang opsi Noindex subpages of archives. Ini untuk menghindari duplicate title, meta description. :)

Tags:
Iklan

Author: 

Freelance designer, tidak terpaku sama yang namanya waktu, hobby mengunjungi localhost setelah itu baru OL. Suka pusing kalau melihat kode kode yang aneh. :| Jangan lupa add ane di link social newtwork dibawah.

author

Related Posts "Cara setting plugin yoast atau wordpress SEO di situs anda"

69 Responses

  1. author

    panji3 years ago

    om kentooz, tolong lebih detail dalam publish configurasi yoast dong ? maish binggung..

    Reply
    • author
      Author

      admin3 years ago

      Bingung bagian mananya om?? Perasaan sudah detail deh itu postingan.

      Reply
  2. author

    yogitanaka3 years ago

    We lah setelah saya lihat g+ mas Admin dan lihat salah satu postinganya ada Tutor Yoast, , baru sadar kalau bos Kentooz ini juga bagi2 Ilmunya akan Seo dan lain. Telat reti asik sibuk sama edit templatenya aja,,,

    Reply
    • author
      Author

      admin3 years ago

      Iya masbro, cuman itu tutorialnya masih ada beberapa settingan yang belum dibahas.. Kalau ada waktu insya allah akan ane lanjut.. :D

      Reply
  3. author

    bilal3 years ago

    Broo,, di lanjut donk tutorialnya,, nanggung banget neh,, hahahha

    Reply
    • author
      Author

      admin3 years ago

      Iya insya allah nanti dilanjut untuk tutorial setting plugin yoast nya,

      Reply
  4. author

    puribalirentcar3 years ago

    Ditunggu lanjutannya masbero…salam kenal semua,mari kita berkawan.

    Reply
    • author
      Author

      admin3 years ago

      Oke thanks masbro. :)

      Reply
  5. author

    Dalz3 years ago

    Masih agak bingung mas, takut salah ngisi soal tittle dan meta… apa biarkan saja seperti ini: %%title%% %%page%% %%sep%% %%sitename%%
    atau kita ganti??

    Reply
    • author
      Author

      admin3 years ago

      Kalau takut salah ngisi birkan saja, Setting saja:

      Categories, Tags dan taxonomi: %%term_title%% Archives %%page%% • %%sitename%%
      Search pages: Anda melakukan pencarian untuk %%searchphrase%% • %%sitename%%
      404 pages: Halaman tidak ditemukan – Kesalahan 404 • %%sitename%%
      Arsip author : %%name%% • %%cf_role%% at %%sitename%%

      Diatas untuk menghindari duplikat title saja. Itu saya dapat dari artikel di yoastnya. Yang lain biarkan default. :)

      Reply
  6. author

    Kompus3 years ago

    Terima kasih sangat membantu…

    Reply
  7. author

    umar danny3 years ago

    masih binggung pake plugin yoast ini gan,,udah lama ga pake wp juga…ini masih ada kelanjutan artikelnya ga gan? terima kasih

    Reply
    • author
      Author

      admin3 years ago

      Sebenar nya sih artikel diatas cukup… Cuman karena fitur dan settingan di yoast banyak banget, seperti setting SEO custom posttype, social, sitemap xml, jagi gak cukup kalau dibuat 1 artikel, kapan2 ane lanjut lagi, sambil nyari inspirasi buat artikel lainnya. :D

      Reply
  8. author

    keyword seo blog3 years ago

    makasih banyak ilmunya gan sangat bermanfaat webnya keren Alexa ranknya mantap :)

    Reply
    • author
      Author

      admin3 years ago

      Yoi sama sama bro. :)

      Reply
  9. author

    AGUS AHMAD3 years ago

    terimakasih banyak atas infonya ya gan, artikel ini sangat berguna bagi saya dan website saya

    Reply
  10. author

    Vacum Pembesar Penis3 years ago

    Banyak artikel yang mengulas tentang cara mengatur plugin seo. tetapi setiap blog berbeda-beda cara settinganya. yang paling baik dan benar bagaimana bostheme ?

    Reply
    • author
      Author

      admin3 years ago

      Bostheme mengulas apa yang diketahui saja, mengenai sebagian tutorial ane berasal dari yoast yang sebelumnya ane coba di bostheme dan kemudian baru ane tulis tutorialnya.

      Reply
  11. author

    Toko Sepeda Gunung Online3 years ago

    Terimakasih mas , Sangat membantu bagi saya yg baru newbie maenan plugin seo yoast ,he

    Reply
  12. author

    Tio3 years ago

    Manteb mz udah tak terapin setting plugin nya, berhubung saya jualan online doakan laris ya mas ..ok

    Reply
  13. author

    bencongslebor3 years ago

    selamat malam / siang / pagi om kentoz,,

    untuk settingan yoas ini biar ga terjadi Duplicate meta descriptions itu bagai mana ya om,, ane mentok dstu doang,, kebnyakan ane dapet Duplicate meta descriptions itu dari tag, padahal ane udah ga index itu tag, tp masih aja hadir tuh Duplicate meta descriptions

    Reply
    • author
      Author

      admin3 years ago

      Di noindex saja, atau biasanya di attachment yang duplicate. Untuk tag di noindex kalau emang duplicate, atau cara yang lebih mudah, edit tagnya dan isi dengan description yang berbeda. Nanti yoast otomatis mengisi meta description sesuai dengan isi meta description di tag tersebut, pasti gak akan duplicate. :D

      Reply
  14. author

    fiat3 years ago

    lebih efektif mana antara wordpress SEO by yoast sama all in one SEO pack ? terima kasih

    Reply
    • author
      Author

      admin3 years ago

      Kalau ane lebih suka yoast, pengaturan lebih lengkap, kalau AIO SEO lebih praktis karena pengaturannya sederhana, sama saja sih.

      Reply
  15. author

    Beranda News3 years ago

    Sob, mau nanya nih gimana cara setting seo by yoast untuk theme romlah soalnya banyak terjadi duplikat di webmaster tool google. Yang membuat duplikat itu url /?form=login dan /?form=register

    Reply
  16. author

    Animangation.com3 years ago

    Makasih buat tutorialnya, udah agak ngerti nih sekarang.

    Reply
  17. author

    toko celana hernia3 years ago

    makasih gan tutorialnya..bisa langsung ane coba nih di web baru ane yg wordpress.org…..siip gan

    Reply
  18. author

    indoza3 years ago

    maksih mas tipsnya.. sangat bermanfaat..

    Reply
    • author
      Author

      admin3 years ago

      Oke sama sama.. :)

      Reply
  19. author

    sewa mobil di bali3 years ago

    Saya suka yang Yoast dan All in One, ditunggu lanjutan ceritanya Bro, menarik cara menyajikannya

    Reply
  20. author

    dedek3 years ago

    min mohon infonya bagaimana cara setting fb, twitter, dan google + biar mucul di hal wordpess. Lebih detail lg. maaf min saya masih baru

    Reply
    • author
      Author

      admin3 years ago

      Kalau yoast kan itu cuman buat meta opengraph facebook, twitter dan gplus. Kalau mau muncul button nya ya pakai plugin social, kan banyak.

      Reply
    • author

      bikin website3 years ago

      download aja bro pluginnya dengan search keywodnya “social” atau “like facebook” atau bisa juga “share” nanti akan muncul banyak jenis pluginnya?

      Reply
  21. author

    dedek3 years ago

    makasih bro infonya. bro bisa tolong rekomendasikan plugin sosial yang bagus n settingnya mudah ? soalnya banyak banget plugin sosialnya jd bingung milihnya

    Reply
  22. author

    dedek3 years ago

    ok bro maksih infonya

    Reply
    • author
      Author

      admin3 years ago

      Ok sama sama

      Reply
  23. author

    I Made Sujaya3 years ago

    Trims, artikelnya bermanfaat sekali. Saya coba terapkan.

    Reply
    • author
      Author

      admin3 years ago

      Ok sama sama. :)

      Reply
  24. author

    Edo darmian3 years ago

    super Mastah….Makasih atas Bocoran ilmunya….monggo mampir sob-sob
    di tunggu totarial seonya mastah.

    Reply
    • author
      Author

      admin3 years ago

      Ok thanks SOB, kapan2 ane buat tutorial SEO lagi. :D

      Reply
  25. author

    furniture jepara2 years ago

    mantab bro, perlu di coba

    Reply
  26. author

    sulham syahid2 years ago

    Dari dulu mau pake plugin ini tapi bingung cara setting tapi karena ikut tutorial ini jadi bisa. Makasih ya om. :D

    Reply
    • author
      Author

      admin2 years ago

      Ok sippp sama sama. :)

      Reply
  27. author

    tutorialwebsite882 years ago

    lanjutannya mana bos?? nanggung nih setengah jalan.. jadi belom kelar deh saya settingannya… :(

    Reply
    • author
      Author

      admin2 years ago

      Itu hampir 80% dari settingan yoast di bahas. :D Lanjutannya belum sempet nulis artikel, lagi sibut bikin theme. :D

      Reply
  28. author

    Anton Prasetyo2 years ago

    Teori diatas sudah saya praktekkan. Walaupun masih bingung dengan istilah – istilahnya. Maklum bukan bidangnya. Sekarang tinggal menunggu hasilnya, Trims ya Mas Bro

    Reply
    • author
      Author

      admin2 years ago

      Ok bro… :D

      Reply
  29. author

    apritos2 years ago

    Om, ane makai fastthink. Kalau makai yoast, trus settingan di theme nya di rubah jg gk om

    Reply
    • author
      Author

      admin2 years ago

      Gak perlu bro… :D

      Reply
  30. author

    ahmad2 years ago

    gan anee malah meng install 2 plug in di wordpress,hadeuuhhh….
    yang berfungsi nya itu yang mana yahh gan :D

    mungkin saking bingung milih nya ini

    Reply
    • author
      Author

      admin2 years ago

      Maksudnya??

      Reply
  31. author

    mumu2 years ago

    makasih infonya bro admin, semoga sukses dan sehat selalu…

    Reply
    • author
      Author

      admin2 years ago

      Thanks bro

      Reply
  32. author

    apritos2 years ago

    Menunggu bahasan tentang cara setting yoast selanjutnya

    Reply
  33. author

    Carasetting2 years ago

    thanks pak bos theme…penjelasannya lengkap sekali

    Reply
    • author
      Author

      admin2 years ago

      Ok sama sama.. :)

      Reply
  34. author

    toko barang unik2 years ago

    terima kasih gan atas tutorialnya, sangat membantu banget nih bagi saya yang lagi belajar bikin blog. silahkan mampir balik ya gan, lihat2 jualan saya.thanks

    Reply
  35. author

    Theme Wordpress2 years ago

    makasih gan kayaknya ini bisa bekerja dengan baik

    Reply
  36. author

    syihab2 years ago

    artikelnya sangat membantu buat saya yang masih baru belajar seo…. terimakasih n sukses selalu.

    Reply
    • author
      Author

      admin2 years ago

      Sama sama.

      Reply
  37. author

    juhana2 years ago

    maaf bro mau nanya hasil index tag saya di google ko ada tulisana archives nya apa yang harus di setting ya?

    Reply
    • author
      Author

      admin2 years ago

      Kalau menggunakan plugin SEO, bisa langsung setting di metaboxes plugin SEO tersebut.

      Reply
  38. author

    Bunga Asi1 year ago

    Makasih ya mas buat tutorialnya
    Jadi ga bingung lagi seting Yoastnya.
    Mau tanya, kalo
    – Pos (post)
    – Laman (page)
    – Media (attachment)
    ini kita tidak centang semua, dengan berharap sitemap gambarnya bagus juga apakah itu juga tidak apa apa?

    Trims buat jawabannya

    Reply
    • author
      Author

      admin1 year ago

      Tidak masalah bro, tapi terkadang suka ada duplicate title, bisa di cek langsung saja di webmaster tools, kalau emang tidak duplicate ya gak usah di centang, malah lebih banyak yang ke index. :D

      Reply
  39. author

    faja baru furniture1 year ago

    Mass broo makasih

    Reply
    • author
      Author

      admin1 year ago

      Ok masbro..

      Reply
  40. author

    Takanashi Rikka1 year ago

    Saya masih rada bingung udah bangun web sekitar 1 bulan tapi masih index nya dikit padahal artikel ori ketik semua loh, apa yoast juga ngaruh ya

    Reply
    • author
      Author

      admin1 year ago

      Artikel nya ada berapa?? Kalau artikelnya dikit otomatis yang di index juga dikit. :(

      Reply

Leave a reply "Cara setting plugin yoast atau wordpress SEO di situs anda"

Captcha: * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.